Tuesday, June 29, 2010

Tanaman Obat Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi L.)

tumbuhan herbal yang satu ini sudah sangat familiar di kalangan masyarakat,selain untuk campuran aneka masakan tumbuhan obat ini dapat juga di gunakan untuk pengobatan,begitu lengkapnya tanaman obat yang satu ini sehingga layak untuk di kupas lebih lanjut lagi akan keistimewaan tanaman herbal yang rasanya sangat asam ini.

BAGIAN YANG BISA DI GUNAKAN

DauN
Gondongan (Parotitis),Perut sakit,Rematik.

Bunga
Batuk.Sariawan (stomatitis)

Buah
Gusi berdarah, sariawan,Sakit gigi berlubang, Jerawat, Panu, Kelumpuhan, Memperbaiki fungsi pencernaan, Radang rektum, Batuk rejan,

ATURAN PEMAKAIAN:
Untuk Pamakaian luar: ambil daun secukupnya,cuci bersih,tumbuk halus halus  tempelkan pada bagian yang sakit (pemakaian setempat) untuk penyakit gondongan, rheumatism, jerawat dan panu.

Penyakit yang bisa di obati :

Pagel linu
1 genggam daun belimbing wuluh yang masih muda, 10 biji cengkeh,15 biji lada, giling halus,tambahkan cuka secukupnya.Lumurkan pada tempat yang sakit.

Gondongan
10 ranting muda belimbing wuluh beserta daunnya,4 siung bawang merah dicuci bersih tumbuk halus. Balurkan ketempat yang sakit.

Batuk pada anak.
Segenggam bunga belimbing wuluh, beberapa butir adas, gula secukupnya dan air 1 cangkir, ditim selama beberapa jam.saring,diminum, 2x sehari pagi dan malam sewaktu perut kosong.

Batuk
25 kuntum bunga belimbing wuluh, 11/4 genggam pegagan, 1/4 genggam daun saga, 1/4 genggam daun inggu, 1/4 genggam daun sendok, jari rimpang temu-giring, 1 jari kulit kayu manis, 1 jari rimpang kencur, 2 butir bawang merah,cuci serta potong-potong seperlunya,rebus dengan 5 gelas air sampai tersisa 2 1/4 gelas.saring, minum dengan madu secukupnya. Sehari 3 kali 3/4 gelas.

Rematik
100 gr daun muda belimbing wuluh, 10 biji cengkeh dan 15 biji merica dicuci lgiling halus, tambah cuka secukupnya sampai menjadi adonan seperti bubur. Oleskan ditempat yang sakit.

5 buah belimbing wuluh, 8 lembar daun kantil (Michelia champaca L.), 15 biji cengkeh, 15 butir lada hitam, cuci,tumbuk halus, campur 2 sendok makan air jeruk nipis dan 1 sendok makan minyak kayu putih. Dipakai untuk menggosok dan mengurut bagian tubuh yang sakit. Lakukan 2-3 kali sehari.

Sariawan
Segenggarn bunga belimbing wuluh, gula jawa secukupnya dan 1 cangkir air direbus sampai kental.disaring lalu gunakan untuk membersihkan mulut dan mengoles sariawan.

2/3 genggam bunga belimbing wuluh, cuci lalu rebus dengan  3 gelas air sampai tersisa 2 1/4 gelas. saring lalu minum, sehari 3 kali 3/4 gelas.

3 buah belimbing wuluh, 3 butir bawang merah, 1 buah pala yang muda, 10 lembar daun seriawan, 3/4 sendok teh adas, 3/4 jari pulosari, dicuci lalu ditumbuk halus, campur dengan 3 sendok makan minyak kelapa, peras lalu disaring. pakai untuk mengoles luka-luka akibat sariawan, 6-7 kali sehari.

Jerawat
Buah belimbing wuluh secukupnya,cuci,tumbuk halus,campur dengan air garam seperlunya, gunakan untuk menggosok muka yang berjerawat. Lakukan 3 kali sehari.

6 buah belimbing wuluh dan 1/2 sendok teh bubuk belerang,giling halus lalu  campur dengan 2 sendok makan air jeruk nipis.dipakai untuk menggosok dan melumas muka yang berjerawat. Lakukan 2-3 kali sehari.

Panu
10 buah belimbing wuluh,cuci,giling halus, tambahkan kapur sirih sebesar biji asam, aduk sampai rata. Ramuan ini dipakai untuk menggosok kulit yang terserang panu. Lakukan 2 kali sehari.


tanaman obat Bayam (Amaranthus tricolor L.)

tanaman obat Teh (Camellia sinensis [L.] Kuntze)

No comments:

Post a Comment