Tuesday, June 22, 2010

tanaman obat Teh (Camellia sinensis [L.] Kuntze)

tanaman obat
Tanaman herbal teh biasanya ditanam di perkebunan, dipanen secara manual,tumbuhan obat tersebut dapat tumbuh di ketinggian 200 - 2.300 m dpl. untuk di ketahui tumbuhan herbal Teh berasal dari kawasan India bagian Utara dan Cina Selatan.


Penyakit yang bisa di obati :


BAGIAN YANG BIASA DIGUNAKAN : Daun.

Sakit kepala
Air teh kental 3/4 cangkir,beri air jeruk nipis 1 sendok teh tambah madu 1 sendok makan,Aduk,lalu minum sekaligus. Lakukan 2 - 3 kali sehari.

Mengurangi pembentukan karang gigi

Kumur-kumur dengan air teh sehabis makan.

Diare
Ambil daun teh yang masih muda dan segar 20gram,cucilalu rebus dengan 3 gelas air bersih selama 15 menit lalu saring dan minum sekaligus.
Penyubur dan menghitamkan rambut
Air teh kental 1 cangkir diembunkan semalaman,gunakan air teh tersebut Keesokan paginya untuk membasahi kulit kepala dan rambut sambil dipijat-pijat. Lakukan 1 kali setiap hari,sampai terlihat hasilnya.

Infeksi saluran cerna, kolesterol darah tinggi
Daun teh kering (teh hijau) sebanyak 7gram seduh dengan air panas.diBiarkan selama 10 menit,lalu Minum.

CATATAN :
Keracunan kafeina kronis:
apabila minum 5 cangkir teh setiap hari itu setara dengan 600 mg kafeina, lama kelamaan akan terlihat tanda dan gejala seperti gangguan pencernaan makanan (dispepsia), Fasa lemah, gelisah, tremor, sukar tidur, tidak nafsu makan, sakit kepala, pusing (vertigo), bingung, berdebar, sesak napas, dan kadang sukar buang air besar.


tanaman obat Manggis (Garcinia mangostana L.)
tanaman obat Melati (Jasminum sambac, Ait.)

No comments:

Post a Comment