Tuesday, April 24, 2012

BANDOTAN

Tanaman Obat

BANDOTAN (Ageratum conyzoides L.) 
   
Nama Lokal : 
Sumatera; bandotan, daun tombakm siangit, tombak jantan, siangik kahwam rumput tahi ayam. Jawa : babadotan, b. Leutik, babandotan, b. Beureum, b. Hejo, jukut bau, ki bau, bandotan, berokan, wedusan, dus wedusan, dus bedusan, tempuyak. Sulawasi: dawet, lawet, rukut manooe, rukut sewu, sopi.
Nama simplisia : Agerati Herba (herba bandotan), Agerati Radix (akar bandotan). 
Uraian : 
Tanaman ini tergolong ke dalam tumbuhan terna semusim, tumbuh tegak atau bagian bawahnya berbaring, tingginya sekitar 30-90 cm dan bercabang. Batangnya berbentuk bulat dan berambut panjang, jika menyentuh tanah akan mengeluarkan akar. Daun bertangkai, letaknya saling berhadapan dan bersilang, helaian daun bulat bertelur dengan pangkal membulat dan ujung runcing, tepinya bergerigi, panjang 1-10 cm, lebar 0,5-6 cm, kedua permukaan daun berambut panjang dengan kelenjar yang terletak di permukaan bawah daun, warnanya hijau.bunga majemuk berkumpul 3 atau lebih, berbentuk malai rata yang keluar dari ujung tangkai, warnanya putih. Panjang bonggol bunga 6-8 mm, dengan tangkai yang berambut. Buahnya berwarna hitam dan bentuknya kecil. Budidaya bandotan dapat diperbanyak dengan biji. Bandotan berasal dari Amerika tropis. Di Indonesia, bandotan merupakan tumbuhan liar dan lebih dikenal sebagai tumbuhan pengganggu di kebun atau di ladang. Tumbuhan ini, dapat ditemuka juga di pekarangan rumah, tepi jalan, tanggul dan sekitar saluran air pada ketinggian 1-2.100 meter di atas permukaan laut (dpl). Jika daunnya telah layu dan membusuk, tumbuhan ini akan mengeluarkan bau tidak enak. 
Khasiat untuk kesehatan : 
Herba bandotan berkhasiat untuk pengobatan; demam, malaria, sakit tenggorokan, radang paru, radang telinga tengah, perdarahan seperti perdarahan rahim, luka berdarah dan mimisan, diare, disentri, mulas, muntah, perut kembung, keseleo, pegal linu, mencegah kehamilan, badan lelah sehabis bekerja berat, produksi air seni sedikit, tumor rahim, dan perawatan rambut. Akar berkhasiat untuk mengatasi demam. 
Komposisi : 
Herba bandotan mengandung asam amino, organacid, pectic substance, minyak asiri kumarin, ageratochromomene, friedelin, β-sitosterol, stigmasterol, tanin, sulfur, dan potassium chlorida. Akar bandotan mengandung minyak astiri, alkaloid, dan kumarin.

No comments:

Post a Comment