Saturday, June 26, 2010

tanaman obat Bayam (Amaranthus tricolor L.)

tumbuhan herbal Bayam berasal dari Amerika tropik.tumbuhan obat ini sudah tersebar di daerah tropis dan subtropis seluruh dunia.tanaman herbal ini banyak di gunakn untuk berbagai keperluan,untuk dibuat di sayur atau pun untuk keperluan obat.

BAGIAN YANG BIASA DIGUNAKAN:
daun dan akar.
Akar untuk pengobatan: disentri

CARA PENGGUNAAN
jika akan di gunakan untuk obat yang diminum, sediakan 25-30 g daun segar, direbus dan dimakan dapat sebagai lalap.bayam bisa juga dijus untuk.
jika di gunakan untuk pemakaian luar, giling daun bayam segar sampai halus, lalu tempelkan pada luka akibat gigitan binatang berbisa.

Kurang darah
Cuci tiga genggam daun bayam merah, tumbuk sampai halus. Tambah satu sendok makan air jeruk nipis,saring.  tambahkan satu sendok makan madu dan sebutir kuning telur ayam kampung aduk merata, lalu minum dan lakukan satu kali sehari selama seminggu. untuk selanjutnya, pengobatan dapat dilakukan dua kali seminggu sampai penyakitnya sembuh.

Disentri
Cuci 10 batang akar bayam merah, tumbuk halus. Tambah garam halus seujung sendok teh diaduk rata, lalu saring.minum air hasil saringannya sekaligus.

Memperkuat akar rambut
Cuci satu ikat daun dan batang bayam segar,tumbuk halus. Tambah garam halus seujung sendok teh diaduk merata, peras dan saring,lalu minum  Lakukan 2-3 kali seminggu.

Catatan
Penderita kadar asam urat darah yang cukup tinggi dan rematik Gout dilarang mengonsumsi bayam terlalu banyak karena sayur ini mengandung purin yang cukup tinggi. Di dalam tubuh, purin akan dimetabolisir menjadi asam urat.

Untuk pengobatan, bayam merah dianggap lebih berkhasiat daripada bayam hijau.

tanaman obat Manggis (Garcinia mangostana L.)

tanaman obat Teh (Camellia sinensis [L.] Kuntze)

 

No comments:

Post a Comment