Thursday, September 2, 2010

tanaman obat Kapas (Gossypium herbaceum L.)

tanaman obat
tumbuhan herbal perdu ini bisa tumbuh sampai mencapai tinggi 2-3 meter, tanaman obat ini berbatang tegak, berbentuk bulat,serta berkayu, dengan warna hijau kotor.

tanaman herbal kapas berdaunnya tunggal, juga bertangkai panjang 6-10 cm.

pada tumbuhan obat kapas buahnya berbentuk kotak lonjong ujung runcing dengan panjang 5-6 cm jika muda berwarna hijau dan jika tua berwarna cokelat kehitaman


Biji
demam yang hilang timbul, radang telinga, memperbanyak keluarnya air susu ibu (ASI),  kontrasepsi pada pria.
disfungsi ereksi (impoten), ngompol (enuresis), berkeringat pada malam hari, wasir, dubur turun (prolaps anus),
 perdarahan clan keluarnya cairan dari liang sanggama (vagina), disentri, nyeri perut clan ulu hati,

Akar
mempermudah persalinan,mengatasi gangguan pencernaan,fungsi limpa yang menurun dengan gejala batuk dan sesak akibat lemahnya energi vital,menghaluskan tumit yang teraba kasar.terlambat haid,mengurangi keluarnya darah haid yang banyak,mengurangi nyeri haid akibat endometriosis,Buah muda digunakan untuk pengobatan:,
diare.

Daun
demam,batuk berdahak.radang usus (enteritis),

PEMAKAIAN
Untuk obat yang diminum, tidak ada rekomendasi dosis. 
Untuk pemakaian luar, digiling daun segar sampai halus, lalu gunakan untuk menurap panu, luka, luka bakar, dan memar. Biji yang digiling halus  gunakan untuk menurap herpes, skabies, luka, dan radang buah zakar (orkhitis).

Disfungsi ereksi (impoten)
Gongseng biji kapas 300 gram sampai kuning sambil tambah arak beras 1-2 sendok teh. Gongseng pula biji bawang putih di tempat terpisah. lalu giling semua bahan sampai halus. Untuk pemakaian, ambil 10 gram bubuk campuran tadi, larutkan dalam arak dan minum selagi perut kosong.

Berkeringat malam
Masukkan biji kapas sebanyak 10 gram dalam panci email dengan 3 gelas air. Rebus dengan api kecil sampai airnya tersisa separuhnya, minum airnya sekaligus pada waktu perut kosong. Lakukan sekali sehari.

Diare
Cuci dan potong buah kapas yang masih muda dan segar (lima buah). Rebus dengan satu gelas air selama 15 menit. saring.minum airnya sekaligus.


Catatan
  • Ibu hamil dilarang minum rebusan biji clan akar kapas karena dapat menyebabkan keguguran.

  • Bisa timbul hipokalemia pada sebagian pengguna obat ini tanpa menimbulkan gejala akibat kekurangan kalium. Sebaiknya, pemakaian obat ini dilakukan dengan pengawasan herbalis berpengalaman.

  • Dengan mengeluarkan gosipol dari minyak biji kapas melalui proses pengolahan lanjutan maka minyak biji kapas aman dikonsumsi dan berpotensi menurunkan kadar kolesterol darah yang tinggi.

  • Gosipol toksisitasnya rendah, namun menimbulkan beberapa efek samping. Pada sebagian pengguna bisa timbul rasa lemah sementara yang terjadi pada fase awal pengobatan tidak memerlukan pengobatan. Sekitar 1,2% pengguna timbul rasa mual dan muntah, sebagian lagi mengeluh menurunnya hasrat seksual.

tumbuhan obat Akar Wangi (Vitiveria zizanioides (L,) Nash. Ex, Small)

tumbuhan obat Bunga Tasbih (Canna indica Linn.)

No comments:

Post a Comment