Monday, February 13, 2012

tanaman obat Bandotan (Ageratum conyzoides L.)

tanaman obat

tanaman obat

tanaman obat Bandotan adalah temasuk tumbuhan herbal terna semusim, tumbuhan obat ini akan mengeluarkan akar jika batangnya menyentuh tanah.ciri lain daun berambut panjang berkelenjar letak pada permukaan bawah daun, berwarna hijau. tanaman herbal memiliki bunga majemuk berkumpul 3 atau lebih, warna putih serta Buah berwarna hitam dan bentuknya kecil. perbanyakan dengan biji. Bandotan berasal dari Amerika tropis. bila daun telah layu dan membusuk akan menyebarkan bau kurang sedap.


Sakit telinga tengah akibat radang
Cuci herba bandotan segar secukupnya,tumbuk halus,peras,saring,untuk obat tetes telinga,Sehari 4 kali, tiap kali sebanyak 2 tetes.

Luka berdarah, bisul, eksim
Cuci herba bandotan segar secukupnya,tumbuk halus, urapkan ramuan ke bagian tubuh yang sakit,balut dengan perban,dalam sehari ganti balutan 3-4 kali. Lakukan sampai sembuh.

Bisul, borok
Cuci satu tumbuhan herba bandotan segar,Tambahkan sekepal nasi basi dan seujung sendok teh garam,giling halus,urapkan ke tempat yang sakit,balut dengan perban.

Rematik( istilah kedokteran : reumatik), bengkak karena keseleo
satu genggam daun,batang muda tumbuhan bandotan segar,satu kepal nasi basi,1/2 sendok teh garam,cuci daun,batang muda,tumbuk bersama nasi dan garam,Setelah menjadi adonan seperti bubur kental, urapkan ramuan ke bagian sendi yang bengkak sambil dibalut,Biarkan selama 1-2 jam, lalu balutan dilepaskan,Lakukan 2-3 kali sehari.

Perdarahan rahim, sariawan, bisul, bengkak karena memar
Rebus 10-15 gram herba bandotan dalam dua gelas air bersih sampai sisa 1 gelas,saring,minum 2-3 kali sehari.

Tumor rahim
Rebus 30-60 gram herba bandotan kering segar atau 15-30 gram herba kering dalam 3 gelas air sampai sisa 1 gelas. Selain direbus, herba segar dapat juga ditumbuk. Air rebusan atau air perasannya diminum satu gelas sehari.

Sakit tenggorokan
-  Cuci 30-60 gram daun bandotan segar,tumbuk halus,peras,saring,Tambah larutan gula batu dalam air perasan secukupnya,aduk rata,Minum 3 kali sehari.

- Cuci daun bandotan secukupnya,jemur sampai kering,giling menjadi serbuk,Tiupkan serbuk ke dalam tenggorokan penderita.

Malaria, influenza
Rebus 15-30 gram herba bandotan kering dalam 2 gelas air sampai tersisa menjadi 1 gelas,saring,minum 2 kali sehari.

Perut kembung, mulas, muntah
Cuci satu buah tumbuhan bandotan ukuran sedang,potong-potong seperlunya,Rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas,saring,minum 2-3 kali sehari sampai sembuh.

Perawatan rambut
Cuci daun dan batang bandotan segar,tumbuk halus,oleskan hasil tumbukan ke seluruh kulit kepala serta rambut, Tutup kepala dengan kain,Biarkan selama 2-3 jam,lalu bilas.

No comments:

Post a Comment