Saturday, September 4, 2010

tumbuhan obat Urang-Aring (Eclipta alba (L.) Hassk.)

tanaman obat

tumbuhan herbal ini sejenis tanaman yang liar mempunyai tangkai banyak, tumbuhan obat tersebut tumbuh di tempat-tempat terbuka seperti di pinggir jalan, tanah lapang, pinggir selokan, 

Tinggi tanaman obat ini bisa mencapai 80 cm dengan posisi tumbuh tegak walau terkadang tumbuh terbaring. tanaman herbal urang aring mempunyai batang bulat berwarna hijau agak kecoklat-coklatan.

cara pemakian dalam
30-120 gram segar. Atau dikeringkan menjadik bubuk.

cara pemakaian luar
Herbal segar dilumatkan bubuhkan ke tempat yang sakit, atau herbal segar  rebus, untuk cuci pada : Eczema, tinea pedis (jamur), koreng (termasuk koreng di kepala), luka berdarah, gusi bengkak, penyubur rambut.

Penyubur rambut
1 genggam daun urang aring dilumatkan, tambah air 2 gelas,saring. Air saringan tersebut diembunkan satu malam, balurkan pada kulit kepala dibasahi sambil dipijat-pijat, sehari sekali.

Koreng di kepala
ambil urang aring secukupnya,rebus, airnya untuk cuci kepala,ampasnya digosokkan ke koreng. Atau herbal segar dilumatkan, air perasannya oleskan ke koreng.

Keputihan
30 gram urang aring segar tambah sari (kaldu) ayam ditim, minum.

Mimisan
1 genggam urang aring segar,cuci, lumatkan, peras.Air perasannya tambah 5 sloki air putih, ditim supaya panas.Minum sehari 2 kali, sesudah makan.

Diare
30 gram urang aring segar direbus, minum.

Batuk darah
60 gram urang aring segar dilumatkan, peras. Air perasannya seduh dengan air hangat, minum.

Muntah darah
120 gram herbal segar lumatkan, air perasannya tambah air kencing anak kecil secukupnya, minum.

No comments:

Post a Comment